10 Rumah Adat Khas yang ada di Indonesia

pavingsobo.com-Seperti yang Anda tahu, Indonesia dikenal memiliki banyak suku dan budaya. Dan setiap ciri atau adat yang membuat Indonesia unik adalah budaya, rumah tradisional dan banyak orang yang penasaran.

Nah seperti pada ulasan berikut ini untuk anda semua tentang beberapa rumah unik yang ada di Indonesia. Keberadaan rumah istimewa ini tidak terlepas dari perbedaan suku, adat dan budaya tersebut, sehingga terciptalah karya seni yang luar biasa.

10 Rumah Adat Khas yang ada di Indonesia

  1. Rumah Gadang – Sumatera Barat

Rumah unik di Indonesia ini adalah Rumah Gadang, rumah adat Minangkabau yang pertama kali ada di provinsi Sumatera Barat. Penduduk setempat menyebut rumah ini Rumah Bagonjong, dan rumah seperti itu banyak ditemukan di Malaysia.

Menariknya, tidak semua daerah di Minangkabau boleh membangun rumah ini, hanya daerah yang berstatus nagari saja yang bisa membangunnya. Temukan juga berbagai jenis rumah adat Gadang lainnya.

  1. Rumah Lamin – Kalimantan Timur

Rumah yang satu ini merupakan rumah adat Dayak khususnya di wilayah Kalimantan Timur. Rumah Lamin berarti rumah panjang, sehingga tidak heran jika rumah ini menjadi rumah bagi beberapa keluarga yang tergabung dalam satu keluarga besar.

Beberapa ciri khas rumah adat Lamin adalah denahnya yang berbentuk anjungan setinggi 3 meter dengan atap pelana berbentuk persegi panjang memanjang.

  1. Rumah Omo Cebu – Pulau Nias

Rumah Omo Cebu ini merupakan tipe rumah yang terletak di Pulau Nias Sumatera Utara. Rumah ini tidak hanya dapat dibangun oleh siapa saja, tetapi hanya oleh kepala desa. Pada zaman dahulu, rumah ini dibangun untuk melindungi penghuninya saat terjadi perang suku.

Atap rumah ini sangat curam dan tingginya mencapai 16 cm dan rumah ini juga dikenal tahan gempa. Dan untuk konsep modern, berikut beberapa cara membangun rumah tahan gempa yang bisa Anda ikuti.

  1. Rumah Tongkonan – Toraja

Rumah Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Nama rumah ini berasal dari Rumah Tongkon yang berarti duduk bersama. Atap rumah ini melengkung seperti susunan bambu.

Bila terdapat deretan tanduk kerbau di bagian depan, banyak tanduk menandakan status sosial pemilik rumah. Tak hanya itu, ada rumah adat Tongkonan unik lainnya yang bisa Anda rasakan.

  1. Rumah Sade – Lombok

Seperti namanya, rumah unik ini terletak di Desa Sade, sebuah desa adat di Desa Rambian, Lombok Tengah, Kecamatan Pujut. Rumah Sade terbuat dari kayu untuk penyangga, bambu untuk dinding, jerami dan alang-alang untuk atap, kerbau untuk penutup lantai.

Pada peralatan serba tradisional ini, namun untuk kekuatannya, sangat baik untuk melindungi penghuni rumah. Dan karena penggunaan bahan alami, ketika habis, pemilik biasanya menggantinya setiap beberapa tahun.

  1. Rumah Malige – Sulawesi Tenggara

Rumah unik di Indonesia selanjutnya adalah Rumah Malige di Kota Bubau, Sulawesi Tenggara. Yang unik dari rumah ini adalah seolah-olah memiliki kepala, badan dan kaki yang diusung oleh filosofi orang Button.

Menariknya, rumah ini dibangun tanpa menggunakan paku, namun masih bisa berdiri di atas empat lantai, dan dulu rumah ini bisa dibongkar orang saat pindah. Selain itu, ada Rumah Tambi di Sulawesi di mana Anda bisa mempelajari perbedaan Rumah Tambi tradisional di link ini.

7. Rumah khas Mbaru di niang

Rumah unik ini mampu menarik banyak wisatawan, bahkan wisatawan mancanegara pun rela membayar mahal untuk datang dan menikmati keindahan dan keunikan rumah ini. Rumah Mbaru Niang berada di Pulau Flores tepatnya di Desa Wai Rebo.

Rumah ini sangat istimewa karena memiliki 5 lantai dengan ketinggian sekitar 15 meter. Hal ini berbeda dengan Rumah Betang Uluk Palin yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu, namun tetap tinggi.

10 Rumah Adat Khas yang ada di Indonesia

  1. Rumah Honai – Papua

Rumah adat di Papua ini sangat menarik, jika dilihat dari kejauhan rumah ini menyerupai bentuk jamur. Dinding rumah honai terbuat dari kayu, sedangkan atapnya terbuat dari rumput kering.

Ada beberapa keistimewaan rumah adat Honai yang mungkin Anda ketahui, salah satunya adalah meskipun beratap rumput kering, rumah ini dapat melindungi penghuninya dari hujan deras.

9. Rumah sasak NTB

Tidak jauh berbeda dengan rumah Honai di Papua, rumah Sasak terbuat dari bambu untuk dindingnya dan atapnya menggunakan ilalang.

Rumah ini memiliki lantai padat mirip semen, namun bahan yang digunakan adalah tanah liat yang dicampur abu vulkanik dan kotoran kerbau.

  1. Rumah kubah

Model rumah yang terakhir berbeda dengan yang di atas, Rumah Domes bukanlah rumah adat melainkan kampung yang terletak di Domes New Nglepen, Yogyakarta.

Rumah ini sangat istimewa, seperti bola putih bundar, dan rumah ini dirancang tahan gempa.

Nah itulah tadi beberapa ulasan untuk Anda semua tentang rumah unik di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui desain rumah unik dan menarik di dunia berikut yang beberapa di antaranya mungkin akan membuat kamu garuk-garuk kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *