Cara kerja penyemprot Aspal serta fungsinya

pavingsobo.com-Apa itu penyemprot aspal? – Salah satu aspek yang mempengaruhi keberhasilan bidang pekerjaan jalan adalah pengoperasian konstruksi jalan dan peralatan konstruksi sesuai dengan standar SOP kinerja konstruksi. Dengan dukungan alat yang baik, sangat membantu untuk mempercepat proses pembangunan jalan.

Seperti yang Anda ketahui, aspal merupakan bahan utama pembuatan jalan raya. Selain itu, masih banyak jenis material lain yang berperan penting dalam proses pengerjaan, mulai dari batu, pasir hingga berbagai jenis alat berat, seperti dozer, excavator, dan penyemprot aspal.

Awalnya, biasanya disemprot menggunakan aspal cair. Nantinya, aspal cair tersebut berperan sebagai lapisan pengikat atau top coat agar kendaraan dengan beban berat dapat melewatinya. Sekarang Anda harus menggunakan penyemprot aspal tugas berat untuk menyebarkan aspal cair itu sendiri.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat terutama yang belum mengenal dunia konstruksi bangunan, yang belum memahami apa fungsi dan cara kerja alat berat tersebut. Maka pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu penyemprot aspal, fungsi, spesifikasi, jenis dan cara kerjanya.

Cara kerja penyemprot Aspal serta fungsinya

Apa itu penyemprot aspal?

Seperti disebutkan sebelumnya, aspal sering diletakkan di permukaan sebagai bahan perkuatan jalan karena mengikat bahan-bahan di bawahnya menjadi satu, membuat jalan bertahan lebih lama. Permukaan konstruksi jalan biasanya disemprot dengan aspal cair.

Nah, aspal cair tersebut nantinya akan berperan sebagai lapisan pengikat atau top coat agar konstruksi jalan tersebut dapat dilalui oleh kendaraan berat tersebut. Untuk menyebarkan aspal cair, tentunya diperlukan alat penyemprot aspal yang berat.

Jadi pada dasarnya alat penyemprot aspal adalah alat berat berupa aspal cair yang sering digunakan dalam pekerjaan konstruksi jalan. Peralatan atau mesin tersebut memiliki kriteria dan kemampuan tertentu yang harus dipenuhi untuk membantu mempercepat proses pembangunan jalan.
Fungsi penyemprotan aspal

Setelah Anda memiliki pemahaman singkat tentang apa itu asphalt sprinkler, Anda harus memahami apa fungsi atau kegunaannya. Secara garis besar, alat penyemprot aspal digunakan untuk menyemprotkan aspal cair pada konstruksi jalan.

Peralatan ini sangat diperlukan karena aspal cair ini pada akhirnya mengikat material di bawahnya sehingga jalan cukup kuat untuk dilalui beban berat. Dengan kata lain, sifat kecepatan semprotan aspal dari peralatan tersebut membantu dalam proses percepatan jalan manusia termasuk konstruksi jalan.
Rincian semprotan aspal

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, sebuah peralatan atau mesin penyemprot aspal harus memenuhi beberapa persyaratan dan fitur khusus seperti kapasitas tangki, sistem pemanas, kecepatan pompa semprot dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan spesifikasi pengaduk aspal disini.

Tangki aspal : 1.000 – 1.400 liter (bahan plat baja ringan).

Bahan Tangki: Terbuat dari bahan datar.

Kecepatan penyemprotan aspal: Aspal cair dapat disemprotkan hingga 5 liter per menit.

Mesin: mesin diesel.

Kopling : Tipe MA GA-12.

Motor genset : 2.000 watt atau setara dengan 220 volt.

Dimensi perangkat: panjang 4.270 mm, lebar 1.920 mm, dan tinggi 2.750 mm.

Ukuran ban: 14 sampai 13.

Mesin cuci (solar/minyak tanah).

Sistem operasi manual/manual.

Mesin diesel.

Pompa aspal.

Pembakar.

Tangki diesel.

Jenis semprotan aspal

Selain mengetahui apa itu sirap aspal dan apa fungsi serta kegunaannya, Anda juga harus memahami apa saja jenisnya. Perlu diketahui bahwa dengan meningkatnya pembangunan jalan di seluruh wilayah Indonesia, kebutuhan penyemprotan aspal memang tinggi.

Tidak hanya untuk memenuhi lalu lintas di jalan besar, alat ini sering digunakan pada pekerjaan pengaspalan di jalan kecil seperti pedesaan. Karena lebar jalan berbeda-beda, maka alat penyemprot aspal memiliki banyak jenis sesuai dengan kebutuhannya.

Di Indonesia sendiri, saat ini ada tiga jenis pengabut aspal yang beredar di pabrik; Mereka memiliki kapasitas 700 liter (kecil), 1.000 liter (sedang) hingga 1.200 liter (besar). Namun ada pabrik yang menerima pembelian semprotan aspal, dengan kapasitas kecil atau besar tergantung permintaan dari pembeli.
Desain dan pembuatan alat penyiram aspal

Memang benar bahwa desain penyemprotan aspal selalu umum dengan bodi yang besar untuk menampung aspal dan viskositasnya. Oleh karena itu, beberapa pabrik aspal semprot pasti akan memiliki keunggulan dalam hal kinerja.
Cara membuat penyemprot aspal

Berdasarkan penjelasan mengenai apa itu penyemprot aspal, dapat disimpulkan bahwa mesin adalah alat yang digunakan untuk menyemprotkan aspal cair panas pada pekerjaan finishing jalan dengan kecepatan yang sama. Aspal biasanya disemprot dengan peralatan milik kontraktor jalan.

Peralatan tersebut dilengkapi dengan alat pembakar untuk pemasakan aspal sehingga dapat diatur sesuai kebutuhan dan kebutuhan konstruksi jalan. Selain itu, penyemprot aspal dilengkapi dengan pompa aspal tahan panas yang menyemprotkan aspal cair panas ke jalan.

Tangki mesin ini dilengkapi dengan pipa pemanas, yang membuatnya bekerja lebih baik dan memperpanjang masa pakai. Adapun beberapa bagian sprayer yang terdiri dari multi-nozle, sehingga penyemprotan aspal cair panas dapat lebih nyaman.
Harga alat penyemprot aspal

Cara kerja penyemprot Aspal serta fungsinya

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa itu penyemprot aspal, fungsinya, spesifikasinya, jenis dan sistem operasinya. Jadi jika Anda seorang kontraktor atau subkontraktor pembangunan jalan dan ingin membeli mesin ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kisaran harga di pasar Indonesia.

Saat ini harga penyemprot aspal berkisar Rp 100.000.000 tergantung kapasitas tangki, kecepatan mesin penyemprot dan sebagainya. Namun pastikan Anda mencari perusahaan pemasok peralatan yang terpercaya yang memiliki jaminan kualitas.
Kata terakhir

Demikian penjelasan tentang apa itu penyemprot aspal, mulai dari pengertian, fungsi, spesifikasi, desain dan pembuatan, jenis, cara kerja, hingga kisaran harganya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan referensi saat membeli alat penyemprot aspal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *