Tips Agar Safety Memotong Besi Secara Mudah
Tips Agar Safety Memotong Besi Secara Mudah

Tips Agar Aman Memotong Besi Secara Mudah

Diposting pada

Tips Agar Aman Memotong Besi Secara Mudah

pavingsobo.com-Mungkin sebagian dari Anda masih penasaran dengan cara memotong logam yang aman. Mengingat baja merupakan bahan yang sangat berbeda dengan bahan bangunan lainnya seperti kayu, batu bata, beton dan sebagainya, maka sangat kuat dan tahan lama.

Jelas karakter yang dimiliki bahan bangunan yang satu ini membuat proses pemotongannya jadi asal-asalan. Jika Anda tidak memperhatikan cara yang disarankan, sesuatu yang tidak diinginkan dapat terjadi pada Anda. kali ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pemotongan baja! Yuk, simak di bawah ini!

Alat apa yang digunakan untuk memotong logam?

Berikut adalah rangkaian alat yang dapat Anda gunakan untuk memotong logam. Tentu saja, setiap alat yang dijelaskan di bawah ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sesuaikan dengan keinginan Anda, oke?

  1. tang

Alat pemotong logam pertama yang mungkin Anda ketahui adalah tang. Sebenarnya alat ini mirip dengan gunting. Kemudian, pada umumnya tang lebih cocok digunakan untuk memotong lembaran logam. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba memotong baja tebal, tulangan atau bahkan batang bulat. Tentu saja Anda tidak bisa memotongnya.

  1. Pemotong baut

Alat pemotong logam selanjutnya adalah pemotong baut yang sering digunakan untuk memotong baut. Namun nyatanya, kemampuan alat ini tidak terbatas pada pemotongan baut saja. Namun bisa digunakan untuk memotong logam yang tebal dan kuat seperti rantai, kabel, tulangan, gembok, dll.

  1. Gergaji besi

Gergaji besi ini adalah alat yang sangat umum dan hampir semua dari Anda memilikinya di rumah. Alat ini juga memiliki kemampuan untuk memotong logam. Sebagai alat pemotong logam seperti yang telah dijelaskan di atas, gergaji besi tidak hanya untuk memotong logam saja. Namun, juga aman untuk memotong berbagai jenis logam seperti rebar, tabung bundar, pipa persegi, dll.

  1. Peralatan gergaji

Jadi, jika Anda membutuhkan pemotong logam cepat untuk menyelesaikan pekerjaan, kit gergaji atau yang biasa dikenal dengan reciprocating saw adalah jawabannya. Karena salah satu keunggulannya adalah penggunaan mata pisau di kedua sisinya. Jelas bahwa pekerjaan memotong logam akan memakan waktu lama. Alat ini dapat memotong bahan yang berbeda, termasuk logam dengan ketebalan berbeda. Hebat, bukan?

  1. Penggiling sudut

Penggiling sudut adalah salah satu alat pemotong logam yang paling banyak digunakan. Salah satu keunggulan alat ini adalah menggunakan cakram gerinda yang dipasang pada spindel logam untuk menggiling atau membuang bahan berlebih.

Bagaimana cara memotong logam dengan aman?

Jika kebetulan Anda sedang membangun rumah, terutama pada bagian atap, maka pilihan bahan metal yang bisa Anda gunakan adalah bare metal. Namun tetap harus dipotong terlebih dahulu dalam proses produksinya. bagaimana tentang? Lanjutkan membaca penjelasan di bawah ini.

  1. Persiapan alat dan bahan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memotong logam adalah menyiapkan semua alat untuk bahan yang tepat. Mereka adalah sebagai berikut.

Mesin gerinda

Logam kosong

Spidol papan tulis

Alat ukur dalam meter

Anda bisa menemukan kebutuhan bare metal melalui kami. Jelas bahwa kualitas adalah pilihan terbaik untuk Anda. Butuh blanko 5 x 10? Untuk mengetahui harga bare metal ukuran 5 x 10 harus anda kunjungi Situs kamiYa.

  1. Pertama lakukan pengukuran

Setelah semua alat dan bahan sudah berhasil disiapkan, saatnya melakukan pengukuran terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Anda tidak bisa melewatkan langkah ini begitu saja, karena akan mempengaruhi ketidakmampuan untuk menggunakan besi kosong nantinya.

  1. Tandai area pengukuran

Saat melakukan pengukuran, sebaiknya tandai tempat yang akan dipotong menggunakan spidol. Tujuan dilakukannya jelas, agar tidak melupakan bagian yang perlu dipotong dan yang tidak.

  1. Mulai menyalakan mesin

Jika Anda telah berhasil menyiapkan dan menjalankan semua langkah yang dijelaskan di atas, langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin gerinda Anda. Bagaimana cara menyalakan mesin? Cukup memasukkan kabel mesin gerinda ke soket yang terhubung dengan arus listrik tertentu.

  1. Siapkan posisi

Selain itu, ada baiknya menyiapkan area penggilingan untuk membantu proses pemotongan yang Anda lakukan. Jangan lupa, dalam proses pemotongan, dengan menggunakan alat mesin, Anda akan menahan lubang dengan benar di tempat yang tepat.

  1. Bawa mesin gerinda ke tempatnya

Langkah selanjutnya, Anda akan membawa penggiling ke tempat yang tepat di jalur yang Anda buat sebelumnya.

  1. Lakukan gerakan maju dan mundur

Jika ingin proses pemotongan ini berjalan dengan baik, maka lakukan gerakan maju mundur. Selain itu, pastikan Anda melakukannya secara konsisten. Dengan cara ini, logam secara bertahap berkurang.

Nah, itulah penjelasan cara memotong logam dengan aman dan mudah. Setelah membaca artikel di atas, Anda akan lebih paham mengenai proses pemotongan logam yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel kami selalu bisa membantu kamu ya!

Apakah Anda mencari kualitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi untuk berbagai kebutuhan konstruksi? hadir untuk menjawab! Mulai dari berbagai pilihan logam yang bisa disesuaikan dengan jenis konstruksi Anda, tentunya juga tersedia di sini.

kami juga menawarkan Sewa scaffolding murah Kualitas bahan dijamin terbaik. Sewa juga sangat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Konsultasikan langsung kebutuhan peralatan scaffolding ini Hubungi kami baru saja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *